Puisi cinta sejati

Kenapa kita menutup mata ketika kita tidur ?
Kenapa kita menutup mata ketika kita menangis ?
Kenapa kita menutup mata ketika kita membayangkan sesuatu ?
Kenapa kita menutup mata ketika kita berciuman ?
Hal hal yang terindah di dunia ini biasanya tidak terlihat

Ada hal hal yang tidak ingin kita lepaskan
dan ada orang orang yang tidak ingin kita tinggalkan
Tapi ingatlah, melepaskan bukan berarti akhir dari dunia
melainkan awal dari kehidupan yang baru

Kebahagiaan ada untuk mereka yang menangis
Kebahagiaan ada untuk mereka yang telah tersakiti
Kebahagiaan ada untuk mereka yang telah mencari dan telah mencoba

Karena merekalah yang bisa menghargai
Betapa pentingnya orang yang telah menyentuh kehidupan mereka

Cinta adalah ketika kamu menitikkan air mata, tetapi masih peduli
terhadapnya
Cinta adalah ketika dia tidak mempedulikanmu, kamu masih menunggunya
dengan setia
Cinta adalah ketika dia mulai mencintai orang lain dan kamu masih
bisa tersenyum
sambil berkata , ” Aku turut berbahagia untukmu ”

Apabila cintamu tidak berhasil, bebaskanlah dirimu
Biarkanlah hatimu kembali melebarkan sayapnya dan terbang ke alam
bebas lagi
Ingatlah, kamu mungkin menemukan cinta dan kehilangannya..
Tetapi saat cinta itu dimatikan, kamu tidak perlu mati bersamanya..

Orang yang terkuat bukanlah orang yang selalu menang dalam segala hal
Tetapi mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh
Entah bagaimana, dalam perjalanan kehidupanmu,
Kamu akan belajar tentang dirimu sendiri dan suatu saat kamu akan
menyadari
Bahwa penyesalan tidak seharusnya ada di dalam hidupmu
Hanyalah penghargaan abadi atas pilihan pilihan kehidupan yang telah
kau buat
Yang seharusnya ada di dalam hidupmu

Sahabat sejati akan mengerti ketika kamu berkata, ” Aku lupa ”
Sahabat sejati akan tetap setia menunggu ketika kamu berkata, ”
Tunggu sebentar ”
Sahabat sejati hatinya akan tetap tinggal, terikat kepadamu
ketika kamu berkata, ” Tinggalkan aku sendiri ”

Saat kamu berkata untuk meninggalkannya,
Mungkin dia akan pergi meninggalkanmu sesaat,
Memberimu waktu untuk menenangkan dirimu sendiri,
Tetapi pada saat saat itu, hatinya tidak akan pernah meninggalkanmu
Dan sewaktu dia jauh darimu, dia akan selalu mendoakanmu dengan air
mata

Lebih berbahaya mencucurkan air mata di dalam hati
daripada air mata yang keluar dari mata kita
Air mata yang keluar dari mata kita dapat dihapus,
Sementara air mata yang tersembunyi,
Akan menggoreskan luka di dalam hatimu
yang bekasnya tidak akan pernah hilang

Walaupun dalam urusan cinta, kita sangat jarang menang,
Tetapi ketika cinta itu tulus…
meskipun mungkin kelihatannya kamu kalah,
Tetapi sebenarnya kamu menang karena kamu dapat berbahagia
sewaktu kamu dapat mencintai seseorang
Lebih dari kamu mencintai diri kamu sendiri…

Akan tiba saatnya dimana kamu harus berhenti mencintai seseorang
Bukan karena orang itu berhenti mencintai kita
Atau karena ia tidak mempedulikan kita
Melainkan saat kita menyadari bahwa orang itu
Akan lebih berbahagia apabila kita melepasnya
Tetapi apabila kamu benar benar mencintai seseorang,
Jangan dengan mudah kita melepaskannya
Berjuanglah demi cintamu… Fight for your dream !
Itulah cinta yang sejati..
Bukannya seperti prinsip ” Easy come.. Easy go… ”

Lebih baik menunggu orang yang benar benar kamu inginkan
Daripada berjalan bersama orang ” yang tersedia ”
Lebih baik menunggu orang yang kamu cintai
Daripada orang yang berada di ” sekelilingmu ”

Lebih baik menunggu orang yang tepat
Karena hidup ini terlalu berharga dan terlalu singkat
Untuk dibuang dengan hanya ” seseorang ”
Atau untuk dibuang dengan orang yang tidak tepat

Kadang kala, orang yang kamu cintai adalah orang yang paling
menyakiti hatimu
Dan kadang kala teman yang membawamu di dalam pelukannya
Dan menangis bersamamu adalah cinta yang tidak kamu sadari

Ucapan yang keluar dari mulut seseorang
Dapat membangun orang lain, tetapi dapat juga menjatuhkannya
Bila bukan diucapkan pada orang, waktu, dan tempat yang benar
Ini jelas bukan sesuatu yang bijaksana

Ucapan yang keluar dari mulut seseorang
Dapat berupa kebenaran ataupun kebohongan untuk menutupi isi hati
Kita dapat mengatakan apa saja dengan mulut kita
Tetapi isi hati kita yang sebenarnya tidak akan dapat dipungkiri

Apabila kamu hendak mengatakan sesuatu..
Tataplah matamu di cermin dan lihatlah kepada matamu
Dari situ akan terpancar seluruh isi hatimu
Dan kebenaran akan dapat dilihat dari sana

oleh : Chairil Anwar

About these ads

62 Tanggapan

  1. nice poem………..
    dahsyat banget puisinya,,,,,bikin orang yang lagi patah hati jadi semangat lagi. emang kadang mencintai seseorang tuh terasa sangat menyakitkan apalagi klo orang yang kita cintai tuh menduakan kita.
    congratulation…………..

  2. Kita tak pernah menyangka
    Kita juga tak pernah menduga
    Apa, bagaimana, dan siapa
    Yang menunggu kita
    Tapi kita tahu dan
    Kita percaya…
    Bahwa cinta sejati slalu ada
    Hari ini, esok dan seterusnya
    Aku tak biasa berkata
    Aku juga tak biasa beri tanda
    Hanya saja,…
    Yakin dan percayalah
    Bahwa kita ada…
    Bukan untuk siapa-siapa
    Hanya untuk kita, kita saja…
    Kita memang tak sekuat mentari
    Kita sadar, kita tak sesejuk udara pagi
    Tapi paling tidak,….
    Kita akan berusaha sekuat gunung
    Dan sesegar air di sungai
    Teguhkan hatimu seteguh karang
    Hangatkan senyummu, sehangat mentari pagi
    Dinginkan kepalamu
    Sedingin es abadi di puncak Himalaya

    • terimakasih atas kunjungannya

    • ya krna mngkn cinta sjti adlh hrta yg pling brhrga bgi q pa lgi st ini q da jau dr cnta sjti gw krna dia tlah prgi ngln gw …………………..

      tp sma itu ngk jd mslh bt gw krna smpai kpn pun hti hti ini hnya untkx …………………….

      mskih hmpr 3 th dia prgi ngln gw tp gw ttp cnta ma dia & mngkn sngtlh slt untk aq mlhphknx krna bgi q dia lha CINTA SEJATI Q…………………………………………………

      • dongeng cerita cinta sejati

        kadang ga seperti bunga yg baru mekar
        cinta sejati belom bisa merasakan apa artgi semua itu
        mingkin kah ada bunga yag akan ahadir dibumi ini

        kita merasakan tapi belom bisa merasakan getaran itu,
        jika ada sang bintang menjemput
        ku’ingin bersamanya dan slama nya
        izinkka men dapatkan cinta sejati

      • aku jga begitu

    • tdk ga” nn p kta” ny tahede ….babi dgn nn

  3. trima kasih bwt puisiny…
    setelah baca ini..aq semangat kmbl…

  4. klu puisi chairil ciih emank bgs….

    guru gue tuuh….

    sang inspiration.

    tp yg d awal’y khan itu kata” gibran coy….

    jgn d satuin dong !

  5. bagus bgt puisinya,,,jdi terharu,,,bisa bangkitin semangat ’45 kembali,,,

  6. Bagiku cinta bukanlah segala-galanya,
    Tapi kasih sayanglah yang menguasai semua di dunia ini
    aku menyayanginya lebih dari apa yang aku sayangi di dunia ini, aku selalu mengingatnya
    yach……. piano dikotak kaca…….
    ulfa….. kamu adalah yang terbaik buatku.

    @q Raul “Kekasihmu”

  7. puisi nya baguzzzz
    i like it
    meskipun sebenernya ada beberapa tulisan2 yang agag gemanaaaaaaaa getoo???
    hehehe
    puisi kamu ngasih banyak inspirasi.
    aq tau, apa yang harus aq lakuin sekarang……..
    succes bwt km.
    tulis pusi lebih banyak lagi.

  8. aq pingin mnemui i2 smw. . .

  9. woy enak buanget puisi nya.sumpah dech . . . . . . . . . . .
    ney bener 2 bikin qUe menitikkan air mata.

  10. aduuuuh bgs bgt puisinya…. buat aq semangat buat bacanya! aq mau liat lg puisi2 mu yg lain, tentunya bgs ya… makasih

  11. [...] Puisi cinta sejati Ditulis pada Mei 19, 2008 oleh [...]

  12. [...] Puisi cinta sejati Ditulis pada Mei 19, 2008 oleh [...]

  13. wah…. puisinya bagus skali. aku pingin dech ngomentari puisi ku ke sini, biar jadi terkenal gitu. hehehehehe, aku cuman bilang kalau puisinya sangat terharu. membuata aku jadi ingat akan aku sama pasanganku. itu aja kok yang mo ku bilangin, yang jelas yang bikin puisi se indah ini aku acungkan JEMPOL!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  14. so sweetd bgd..
    lk punya jempol 5 qw kasi tp qw cman pnya jempol 4!
    hehe..

  15. ….puisinya bagus banget. sangat membantu aku saat ini. aku sendiri juga buat puisi-puisi pribadi, namun semuanya cenderung bersifat sedih. karena saat kita sedih, kepiluan hati ini mudah tertuang dalam lembaran kertas yang tergores oleh pena kasih dalam alur cerita yang sendu#

  16. mengapa kita menutup mata ketika kita bermimpi ?
    mengapa kita menutup mata ketika kita menangis ?
    mengapa kita menutup mata saat kita membayangkan orang yang kita rindukan ?
    karena hal yang indah di dunia ini biasanya tidak terlihat

    saat semua hal didunia ini terasa begitu indah,
    dan kita merasakan ada yang menyentuh hati kita,
    tidak dapat berhenti menatapnya , tidak dapat berhenti memikirkannya
    dan kita melupakan semua hal karena dia
    saat semua hal yang indah tergantikan karena kehadirannya
    tanpa disadari kita telah jatuh dalam perasaam terindah yang dinamakan cinta

    Cinta adalah ketika kamu menitikkan air mata, tetapi masih peduli terhadapnya
    Cinta adalah ketika dia tidak mempedulikanmu, tetapi kamu masih setia menunggunya
    Cinta adalah ketika dia mencintai orang lain tetapi kamu
    bisa tersenyum karena melihatnya bahagia

    Kebahagiaan ada meskipun mereka telah menangis
    Kebahagiaan ada meskipun mereka telah tersakiti
    Kebahagiaan tetap ada untuk mereka yang telah mencari cinta namun gagal

    Karena merekalah yang bisa mengerti
    indahnya kebahagiaan saat cinta menyentuh kehidupan mereka

    Apabila cintamu tidak berhasil,tersenyumlah dan bebaskan dirimu
    kamu mungkin menemukan cinta dan kehilangannya
    Tetapi saat cinta itu mati, kamu tidak perlu mati bersamanya

    meski waktu datang dan berlalu
    cinta sejati akan tetap mengerti ketika dia berkata, ”maafkan aku”
    akan tetap bertahan walau dia berkata, ”sampai jumpa”
    akan tetap setia,meski dia berkata, ”selamat tinggal”

    MEMAAFKAN BUKANlah bagaimana KITA melupakan, melainkan bagaimana KITA MENGERTI
    BAHAGIA BUKANlah bagaimana KITA SENANG, melainkan bagaimana DIA TERSENYUM
    PERCAYA BUKANLAH BAGAIMANA KITA MELIHAT, MELAINKAN BAGAIMANA KITA MERASAKAN
    SETIA BUKANlah bagaimana KITA BERJUANG, melainkan bagaimana KITA MENERIMA DIA APA ADANYA
    MENCINTAI BUKANlah bagaimana MEMBUAT KITA TERTAWA, melainkan bagaimana MELIHAT DIA BAHAGIA

    Walaupun dalam cinta, kita sangat jarang menang,
    Tetapi ketika cinta itu tulus, meskipun kita kalah,
    Tetapi sebenarnya kita menang karena kita dapat mencintai seseorang
    Lebih dari kita mencintai diri kita sendiri…

    Akan tiba saatnya dimana kita harus berhenti mencintai seseorang
    Bukan karena orang itu berhenti mencintai kita
    Melainkan kita menyadari bahwa orang itu
    Akan lebih bahagia apabila kita melepasnya

    Lebih baik menunggu orang yang benar benar diinginkan
    Daripada mencintai orang ”yang tersedia”
    Lebih baik menunggu orang yang sangat kita cintai
    Daripada mencintai orang yang berada di ”sekeliling kita”
    Lebih baik menunggu orang yang tepat
    Karena CINTA ini terlalu berharga Untuk dibuang, hanya untuk ”seseorang”

    cinta sejati akan tetap terbang meski tak bersayap
    akan tetap berjuang meski waktu telah berhenti
    akan tetap bertahan meski semua telah berubah
    akan tetap percaya meski tak memiliki
    akan tetap setia meski semua telah pergi
    cinta akan tetap indah dan selalu indah

    Kita tak pernah menyangka
    Kita juga tak pernah menduga
    Apa, bagaimana, dan siapa
    Yang menunggu kita
    Tapi kita tahu dan Kita percaya
    Bahwa cinta akan slalu ada
    Hari ini, esok dan seterusnya
    cinta tak bisa berkata-kata
    cinta juga tak bisa memberi tanda
    Hanya saja,
    berjuanglah !!
    Bahwa di dunia ini kita ditakdirkan untuk memiliki
    CINTA SEJATI

  17. puisi nya menyentuh bgt , ,
    gw ska yg keq gne , ,
    lge dunk , ,
    saluuuut , ,

  18. puisi ya mang menyentuh hati bangat……….
    puisi diaatas memang menggambarkan tentang kehidupan ku?
    tapi akan selalu berusaha untuk tetap tegar dalam hidup ini…………
    aku akan selalu sayang ma orang itu….
    dan aku akan selalu menunggu nya?

    • puisinya sesuai smaph yang q rsa.slm ne q cb cr shbt sejati / bisa dibilang segala sesuatu yang sejati tp gk da chuy.semuanya semenatara termasuk qta hdp di dunia ne. yang stj ma pndpt q tlang blz yupz….

  19. wah…puisinya bagus bgt.trus q cuma mo blng klo puisinya sngt nyentuh bgt…!!!

  20. ku tau mgkn keputusan yg ku buat bkn tulus dr hatiku
    tapi…
    apalah dayaku
    semua telah terlanjur..
    ku hanya dapat berharap agar cintamu masih ada
    dan…
    ku cm dapat menunggumu
    sampai kau kembali…

    • tidak ada kata terlanjur dalam cintam tidak ada kata menunggu dalam cinta, tidak ada kata kembali dalam cinta…karena itulah cinta…

  21. waduh puisinyamenyetuh hatiku banget !
    soalnya aku suka puisi.

  22. waduh puisinyamenyetuh hatiku banget !
    soalnya aku suka puisi. nama q Dadan anak madiun.

  23. -< wCc !!
    pUizi_x keyEnNn,,,,aBizZzzz ……….
    dH_MazteR b`Gett yC . . .

  24. aku menemukan kembali smangat hari hari ku
    di deretan kalimat diatas . makasi suda mengembalikanya ..

  25. hanya orang bodoh yang menggu cinta
    cinta sejati bukan lah untuk di tunggu
    cinta sejati adalah cinta yang dpat kita rasa dan dapat dia rasa

  26. JANJI SEMERU

    Kegelapan datang saat jonggringsloko
    menghembuskan nafas mematikan
    aku terdiam terpanah melihatnya… Baca Selengkapnya
    sambil membayangkan seorang yang paling aku sayang
    seorang yang telah mengangkat ketempat kesucian
    dipagi itu kumelihat bayangan wajahnya yang begitu dingin berselimutkan awan yang menjadi hitam karena jonggringsloko
    dia sayangku yang selalu menjagaku dari setan kegelapan
    aku ingin melihat dia menyentuh dia dan membelainya hingga fajar menyeka kegelapan
    didepan jonggringsloko di puncak mahameru dihadapan kabut dingin aku berjanji aku akan menjaga dia menyayangi dia hingga serpihan tanah kuburan menutup semua kenangan-kenangan indah bersama dia
    bersama orang yang paling aku sayang..

  27. teriRiNg RaSa SenaNK…………………………haTikU TUkMenGEnaLmu……………………………………….
    …………………………………….sALing MeNguCap Puji MenGeNal……………..hAtiMu,,NamUnTaKuBiArKan…………………………………….
    ……………………………….diRiKu tUk MeNutuPinYa daN bERHaraP……..Aku Kan DaPAt LebihMenGerti AKan……………………………….
    ……………………………PEntiNgnYa diRimu Bagi diRiku,,AkanKah aku MamPu TUk dApAt memBErikePastian………………………………
    ………………………….BAhwA DirIKu SeSuNgGuHnya IngiN LebiH & LebiH mENGeNAL HatimU Dan BErHaraP……………………………..
    …………………………. eNkaU Pun MemiLIki IngIn YanG SaMa TUK meNgeNal DiRikU ApA AdaNYa & MeNErima…………………………..
    ……………………………KEtiDaKmAmpuAn Ku Tuk MEMbuAtMu MEraSA YAkin BAhWa diRiku Yg KaUIngINkan……………………………
    ……………………………..NaMUn SaAt Ini AkU BErSyuKur TLaH DaPat DEkaT deNganMu & MeMperSeMbahKan……………………………
    ………………………………SEMuA IngIn DaN tULusNYa HaTIku TUk MEmIliKimU….KuHaraP KAu Tak MeNUtup…………………………….
    …………………………………pInTu HatiMu KarNa Kan KuKetUk Dgn TuLusNYa ciNTaku TuK MenGhiAs rUang………………………………..
    …………………………………..jiWamu,,,izINkaN mALaiKAt MeNgiRiMkan SeMua INdaH CinTa tUk MenCinTa …………………………………
    ……………………………………..Kan KuTuLIs indah Dengan PeNa CiNtaKU tuK mEnuLis NAmaMu diHAtiKu…………………………………..
    ………………………………………..BiArKan CinTaK iNi TUMbuh DeNgan Indah DI DALAm TAmAn Jiwa Mu………………………………………
    …………………………………………….MEKAr BERSeri & InDah MEwaNgi Kau siRami deNGan seNyUm…………………………………………
    ………………………………………………..iNdahmu,,TabuRKanLah BUnGa riNdUKu Hanya TUk MeLihat…………………………………………..
    ……………………………………………………..SetIAp MaLam-MAlAm SePIku TLah hiLAng & siRNa………………………………………………..
    …………………………………………………………KArNA SeTiaP TiDUrKU kan KUsebuT NAmAmu…………………………………………………..
    ……………………………………………………………..Tuk sLALu MEnghiAs INdaH MimPi ” Ku………………………………………………………..
    …………………………………………………………………..DAn KuTErBAnguN HanYA IngiN…………………………………………………………….
    …………………………………………………………………………tUk MEnYApA SenYuM………………………………………………………………….
    ……………………………………………………………………………..InDah dan LemBUt…………………………………………………………………….
    ……………………………………………………………………………………WaJahMu…….. saat ini ku sendiri
    sepi terasa di hati
    ku tatap rembulan kau ada di situ
    kau tertawa bahagia
    namun bukan bersamaku
    tiada yang tersisa
    kau lepas semua cinta kita..

    tiada dendam di hatiku
    namun aku tak mengerti
    bukankah kau janji
    menjaga semua cinta kita

    Mengapa kau tinggalkan aku
    tanpa satu kata untuk ku
    mengapa kau buat begitu
    kau lupakan semua
    kau lukai hatiku……..

  28. kenapa cinta harus kembali,disaat hati tlah jadi milik yang lain
    andai kau tahu betapa terlukanya hati ku
    saat kau tinggalkan dulu….
    hidup ku tak berarti lagi…..

    tapi kini disaat aku ingin melupakan mu
    kau justru hadir kembali,coba mengusik hati ku yang telah mati

  29. kenapa haruz ada siang,jika malam selalu datang
    kenapa haruz aDa hitam jika putih menyenangkan
    kenapa haruz ada kehidupan,jika kematian selalu menjemputnya…..
    n kenapa haruz ada pertemuan,jika perpisahan jua lah yang ahirnya terjadi…………….

  30. aku suka banget puisinya lho?wt cowokqu janganlah kamu suka menyakiti aku karena aku sangat mencintaimu

  31. Puisi bagus-bagus bgt…
    Menyentuh di hati bgt euy…
    Gw ska ma semua puisi itu…
    Semoga ada yang lebih lagi…

  32. bagus……………banget puisinya memang cinta sejati……….. sangat di butuhkan ma setiap orang walaupun cinta itu kadang menyakitkan……..untuk itu kita harus dapat menjaga persaan kita

  33. matep baget uadh saya print 2 lembar

    • cinta suci
      cinta itu datang dengan tiba.tiba tampa diundang
      tanpa direkayasa.
      singah dan bersemi di dalam kalbu
      cinta yang tumbuh dan bersemi di dalamu.
      membuat ku bahagia setiap saat
      bersama dengan nya aku punrela berkorban
      haya untuk dia walaupun sesaat
      cinta telah membuat ku
      buta dengan segalanya……..

  34. knnpa ciih cmmua orrank hrus bttuh cintta sejatii….!!!!!!!

  35. puisinya menyentuh bngt,pokony is the best.mank benar yg kurasa cinta itu indah dan kan slalu indah.meski jauh darinya.as.berbhgialah yg dekat dgn yg dicintany,kin btpa senangny ya kan,brsyukrlah kpdny.to a arif mksh dah setia slma ni bngttt.by mini kuningan.

  36. all tolong bikinin donk puisi kehilangan cinta sejatai……..plisssssss

  37. maaf minta potongan puisinya tadi… maaf ya mas… cuma 5 bait aja..

  38. cinta itu terlalu indah untukdi katakan
    dan terlalu pahit
    untuk dirasakan
    ada apa dengan cinta

    • aku bukanlah seorang penulis yang bisa
      membuat kata.kata yang indah
      bukan juga seorang pujangga yang bisa
      merangkai sebuah kata menjadi benjadi begitu bermana
      aku hanya seorang anak manusia yang
      beru usaha untuk menjadi diriku
      mencari jati diri dengan berusaha
      menulis kan semuahal yang aku
      lihat dan aku alami
      semuahal yang aku denar
      dan aku rasakan
      wasalam dari saya . rian …..
      semoga semua yang ada disini semua bahagia
      selamaya
      dan terimakasih atas semuaya
      jun 7 2010

  39. aku punya pacar tapi aku tidak tau dengan sibatya
    dia sombong dengan ketampananya

  40. puisiya bagus bataya diata

  41. memang sulit pelajaran pusika apa lagi
    mati matika
    memang sulit melupakan cinta
    apa lagi cinta pertama

  42. selamat tingal semuaya yanag ada disini
    wasalam dari rian

  43. cinta emang indah ,tp aku skt akan cinta.adakah cinta tu kmbli pdku?

  44. pokoknya mantep banget Puisinya………………..

  45. bguuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuusssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss t.o.p b.g.t dach

  46. bguuuuuuuuuuuuuuuuuuuusssssssssssss

  47. puisi’a keren bgd,,,the bezt dech pokok’a
    emnx cintha sejati to emanx rhus d’miliki olech smua ranx eanx mmbutuchkn!!!!!

  48. it’s nothing…………….
    i am sorry

  49. I Like It’s

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: