HASIL PILKADA JAWA TENGAH

Pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah hari ini digelar. Pilkada Jateng diikuti oleh sekitar 25.859.906 jiwa berdasarkan data pemilih tetap Komisi Pemilihan Umum Jateng. Secara umum, pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jateng ini berjalan lancar.

Walau proses Pilkada Jateng untuk memilih gubernur dan wakil gubernur belum berakhir, setidaknya hasil quick count (penghitungan cepat) beberapa lembaga survei telah menunjukan gambaran siapa yang menang di pilgub kali ini.

Quick Count Versi LSI

Dalam proses qiuck count kali ini, Lembaga Survei Indonesia (LSI) bekerja sama dengan Metro TV.. Hasil yang diperoleh LSI menunjukan pasangan Bibit Waluyo-Rustriningsih memenangi prosentase perolehan suara terbesar. Bibit dan Rustriningsih yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini meraih 42,3 persen suara. Sedangkan posisi kedua diraih pasangan Bambang Sadono dan Mohammad Adnan. Pasangan nomor urut satu yang disokong Partai Golongan Karya ini memperoleh 22,54 persen.

Perolehan suara terbanyak ketiga diraih M. Tamzil -Abdul Rozaq dari Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Amanat Nasional. Pasangan ini meraih 12,57 persen. Tempat keempat diisi pasangan Sukawi-Sudharto. Pasangan dengan nomor urut tiga dari Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera ini meraih 14,44 persen. Sedangkan pasangan nomor urut dua, Agus Soeyitno-Abdul Kholiq berada di posisi lima perolehan suara versi LSI. Pasangan yang didukung Partai Kebangkitan Bangsa meraih 7,14 persen.

Quick Count Versi Puskaptis

Selain LSI, pihak yang melakukan quick count di pilgub Jateng adalah Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis). Hasil quick count Puskaptis untuk pemilihan Gubernur Jawa Tengah menyatakan bahwa pasangan Bibit Waluyo-Rustriningsih unggul. Bibit-Rustriningsih unggul 39,13 persen, Bambang S-Adnan 23,51 persen, Sukawi-Sudharto 17,64 persen. M Tamzil-Rozaq 14,03 persen, dan pasangan Agus -Kholiq Arif mencapai 5,69 persen.

Hasil ini menurut Puskaptis merupakan hasil penghitungan suara akhir pemilihan gubernur Jawa Tengah yang telah ditutup pada pukul 15.20 WIB (22/06/08). Saat ini pihak Puskaptis tengah mempersiapkan jumpa pers sekaligus menginformasikan pada publik hasil quick count yang telah selesai dilaksanakan.

Bibit adalah purnawirawa TNI berpangkat terakhir letnan jenderal. Lelaki kelahiran Klaten 59 tahun lalu ini pernah menjabat Panglima Daerah Militer IV Diponegoro, Pangdam Jaya dan puncak karier militernya adalah Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad).

Sedangkan wakilnya, Rustriningsih adalah bupati Kebumen. Wanita kelahiran Kebumen, 3 Juli 1967 ini menjadi perempuan bupati pertama di Kebumen sejak 2000. Ia adalah sarjana FISIP Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan S2 Magister Administrasi Negara Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebelum menjadi bupati ia menjabat Ketua DPC PDIP Kebumen sekaligus anggota Fraksi PDIP MPR 1999-2000.

dari : nsudiana.wordpress.com

Iklan

2 Tanggapan

  1. Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP 2009 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
    Semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Salam Hangat buat Keluarga Anda
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: