Mari menulis E-book

Bagi sebagian orang, menulis ebook merupakan hal yang mudah. Dan sebagian orang lainnya mengatakan, menulis ebook itu sulit. Terutama bagi yang belum pernah menulis ebook sama sekali. Pada saat saya mau menulis ebook, pikiran yang sering menghambat saya adalah :

“Saya mau menulis ebook tentang apaya ?”

Begitu temanya sudah saya dapat,
“Kira-kira tema sepeti ini sudah ada yang buat belumya?”

Begitu saya sudah yakin untuk menulis tema tersebut,
“Saya harus memulai dari mana ya?”

Begitu saya akan mulai menulis,
“wah menulis kata-katanya gimana nich ?”

Masalah-masalah diatas merupakan masalah yang umum jika kita ingin menulis sebuah ebook. Mungkin proses dibawah ini bisa membantu anda dalam menulis sebuah ebook karangan anda.

1. Memilih Tema Ebook

Agar memudahkan dalam menentukan tema, buatlah tema mengenai yang anda senangi. Dengan begitu, anda tidak perlu bersusah payah lagi memikirkan ingin menulis mengenai apa.

2. Kumpulkan bahan-bahannya

Carilah bahan-bahan tulisan sesuai dengan tema yang ingin anda buat. Anda bisa mencarinya melalui Google.com. Buka satu-persatu setiap halaman websitenya. Jika anda menemukan situs yang isinya berhubungan dengan yang anda buat, save halaman tersebut, lalu kumpulkan didalam satu folder, agar mudah dicari bila dibutuhkan.

3. Menyusun File Ebook

Cara dibawah ini adalah cara yang saya pelajari dari http://www.formulabisnis.com milik bapak Joko Susilo. Dan cara ini terbukti paling membantu dalam menyusun atau menulis ebook.

– Buatlah sebuah folder, kemudian berinama folder tersebut sesuai dengan tema ebook yang     ingin anda buat.

– Buay subfolder pada folder tersebut, dan diberi nomor urutan serta judul bab book yang akan    ditulis.

– Buka folder bab yang ingin anda tulis

Saya lebih suka ebook dengan format HTML, karena bisa kita jadikan file .exe, sehingga untuk membukanya tidak memerlukan software lain seperti file.pdf yang membutuhkan Adobe Acrobat Reader untuk membukanya.

4. Modifikasi Tulisan Orang Lain

Anda tidak perlu takut untuk mencontek ebook orang lain, tapi jangan pernah melakukan copy-paste. Anda harus mengetik dan memodifikasi tulisan tersebut. Gunakan gaya bahasa anda sendiri. Tambahkan ide-ide dan pengalaman anda sendiri kedalamnya. Dengan begitu, anda bisa mempertanggungjawabkan tulisan yang anda buat.

5. Mulailah Menulis

Segera tulis apasaja yang ada diotak anda. Jangan terfokus pada “bab mana dulu yang ingin ditulis”, pokoknya tulis saja dulu baru setelah itu bisa anda susun mau diletakkan dimana atau bab berapa. Dan jangan terganggu oleh pengolahan kalimat, karena jika anda terlalu fokus pada pengolahan kalimat, bisa-bisa ide yang ingin anda tulis pada saat itu bisa hilang dalam seketika. Jika anda sudah menuliskannya, baru setelah itu anda bisa merevisi kalimat apa yang cocok agar tulisan anda bisa di mengerti.

6. Baca Kembali Tulisan Anda

Sebelum anda menjual ebook anda, baca kembali semua tulisan anda. Setelah anda membacanya, coba anda simpan dulu tulisan-tulisan anda tersebut selama beberapa menit/jam/hari, lalu coba kembali. Biasanya kita akan menemukan kalimat-kalimat yang harus kita rubah ataupun materi yang ingin kita tambah ke dalam ebook tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: