Buruan daftar E-learning Award 2008

E-Learning Award meripakan penghargaan kepada para pencinta pendidikan yang telah mengembangkan dan atau menggunakan bahan belajar berbasis ICT dalam proses belajar mengajar.

syaratnya adalah mengisi formulir yang dapat di download di http://www.e-dukasi.net/elearningaward/

Pada tahun 2008, kegiatan ini mengusung tema Cerdas Bersama e-Learning”.
dengan t
ujuh kategori akan dilombakan dalam kegiatan ini , yaitu:

Penghargaan/Award

a. Korporasi

1. E-Learning Korporasi

2. Pengembang Konten dan Software E-Learning

b. Pendidikan Tinggi dan Komunitas

1. e-Learning Pendidikan Tinggi dan Komunitas

2. Blog Edukatif

c. Sekolah

1. E-Learning Sekolah

2. Telekolaborasi Online

3. Blog Edukatif

Kategori dan Peserta

Peserta e-Learning Award 2008 dibagi menjadi beberapa kategori sasaran dengan rincian sub kategori sebagai berikut:

a. Korporasi

Kategori award untuk kelompok sasaran korporasi terdiri dari dua sub kategori sebagai berikut:

1.   E-Learning Korporasi

Penghargaan yang diberikan kepada korporasi (perusahaan) yang telah menyelenggarakan pendidikan atau pelatihan secara online. Sub kategori ini dapat diikuti oleh perusahaan, baik swasta, BUMN atau BUMD.

2.   Pengembang Konten dan Software E-Learning

Penghargaan yang diberikan kepada perusahaan pengembang e-Learning baik sistem maupun konten. Sub kategori ini dapat diikuti oleh perusahaan yang mengembangkan sistem maupun konten pembelajaran berbasis TIK.

b. Pendidikan Tinggi dan Komunitas

Kategori award untuk kelompok sasaran Pendidikan Tinggi dan Komunitas terdiri dari dua sub kategori sebagai berikut:

1.   e-Learning Pendidikan Tinggi dan Komunitas

Penghargaan yang diberikan kepada lembaga pendidikan tinggi atau komunitas yang telah menyelenggarakan  pendidikan atau pelatihan secara online. Sub kategori ini dapat diikuti oleh Perguruan Tinggi baik swasta maupun negeri dan komunitas.

2. Blog Edukatif

Penghargaan yang diberikan kepada lembaga pendidikan tinggi atau komunitas, baik atas nama lembaga maupun individu yang telah mengembangkan blog dengan konten pendidikan. Sub kategori ini dapat diikuti oleh Perguruan Tinggi baik swasta maupun negeri dan komunitas atas nama lembaga, komunitas atau individu.

c. Sekolah (School)

Kategori award untuk kelompok sasaran sekolah terdiri dari tiga sub kategori sebagai berikut:

1. E-Learning Sekolah; yaitu penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang telah melakukan inovasi e-learning dalam penyelenggaraan pembelajaran di sekolah. Sub aktegori ini dapat diikuti oleh semua sekolah baik negeri maupun swasta untuk semua jenjang pendidikan.

2.   Telekolaborasi Online; yaitu penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang telah melaksanakan telekolaborasi antarsekolah secara online dalam bentuk berbagi informasi, sumber daya dan keahlian serta menghasilkan suatu produk inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  Sub kategori ini dapat diikuti oleh individu atau kelompok atas nama sekolah baik negeri maupun swasta untuk semua jenjang pendidikan.

3. Blog Edukatif; yaitu penghargaan yang diberikan kepada sekolah baik atas nama sekolah maupun individu yang telah mengembangkan blog dengan konten pendidikan. Sub kategori ini dapat diikuti oleh sekolah (atas nama sekolah) maupun guru (atas nama individu).

ASPEK PENILAIAN
1.Kriteria Umum:
Kriteria umum penilaian untuk kategori award adalah sebagai berikut:
a Aspek manfaat, yaitukarya memiliki manfaat yang siginfikan untuk meningkatkan mutu proses maupun output pendidikan.
b Apsek inovasi dan kreativfitas, yaitu bersifat kreatif dan inovatif (baru, orisinal, menarik, cerdas, unik, dan tidak asal beda).
c Aspek keunggulan relatif, yaitu memiliki keunggulan atau nilai tambah dibanding karya lain yang sejenis serta memiliki potensi untuk berkembang.
2.Kriteria Khusus:
Kriteria khusus untuk setiap sub kategori dapat digambarkan sebagai berikut:
a Korporasi (Corporate)
1 e-Learning Korporasi (Corporate e-Learning)
Kriteria yang disyaratkan pada kategori  e-Learning Korporasi   meliputi hal-hal antara lain: (1) jumlah dan tingkat aktivfitas, seperti jumlah course yang ditawarkan, jumlah peserta, variasi peserta, aktifitas peserta mengikuti course, diskusi, telekonferensi, tes, dan lain-lain; (2) kelengkapan komponen Learning Management System (LMS) seperti fasilitas upload bahan belajar, chatting, forum diskusi, database, tes, telekonferensi, user tracking, dan lain-lain; (3) web design, meliputi user-friendliness, interface, navigasi, warna, huruf, komposisi, dan lain-lain; (4) kredibilitas, yaitu pengakuan  masyarakat terhadap lulusan dari online learning yang diselenggarakan  (5) rencana pengembangan, yaitu program aksi yang dilakukan oleh penyelenggara terkait dengan rencana yang akan dilakukan di waktu yang akan datang.
2 Pengembang Software e-Learning (e-Learning Developer)
Aspek yang dinilai untuk kategori  e-Learning Developer meliputi hal-hal antara lain: (1) profile perusahaan, seperti visi, misi, tujuan, unit pendukung (seperti tim Research and Development, Help Desk) dan lain-lain; (2) portofolio perusahaan, seperti produktifitas produk yang dikembangkan, sasaran, omset atau jumlah produk terjual di pasaran, segmen pasar, penghargaan yang diperoleh, sustainability perusahaan dan lain-lain; (3) sampel produk terbaik yang akan dinilai.
b Pendidikan Tinggi dan Komunitas
1 E-Learning Pendidikan Tinggi dan Komunitas
Kriteria yang disyaratkan pada kategori  e-Learning Pendidikan Tinggi dan Komunitas meliputi hal-hal antara lain: (1) jumlah dan tingkat aktifitas, seperti jumlah course yang ditawarkan, jumlah peserta, variasi peserta, aktifitas peserta mengikuti course, diskusi, telekonferensi, tes, dan lain-lain; (2) kelengkapan komponen Learning Management System (LMS) seperti fasilitas upload bahan belajar, chatting, forum diskusi, database, tes, telekonferensi, user tracking, dan lain-lain; (3) web design, meliputi interface, navigasi, warna, huruf, komposisi, dan lain-lain; (4) kredibilitas, yaitu pengakuan masyarakat terhadap lulusan dari online learning yang diselenggarakan  (5) rencana pengembangan, yaitu program aksi yang dilakukan oleh penyelenggara terkait dengan rencana yang akan dilakukan di waktu yang akan datang.
2 Blog Edukatif
Kriteria yang dipersyaratkan meliputi aspek-aspek antara lain: (1) konten yang bersifat mendidik, seperti masalah sosial, kesehatan, pendidikan, politik dan lain-lain dan tidak terbatas pada bahan ajar untuk pendidikan formal; (2) orisinalitas, memiliki nilai keaslian dari sisi ide, tujuan maupun isi dan merupakan karya sendiri, bukan hasil agregasi dari RSS feed atau hasil copy & paste dari situs atau blog lain; (3) tingkat partisipasi, seperti jumlah pengunjung, komentar, kontributor, posisi blog rank baik skala nasional maupun internasional; dan (4) aktualitas, memiliki nilai aktualitas dari sisi isi, pengunjung, maupun tampilan.; dan (4) bilingual/bridging, menggunakan bahasa lain selain bahasa Indonesia, seperti bahasa Ingris atau bahasa daerah akan merupakan nilai tambah.
c Sekolah
1 E-Learning Sekolah
Kriteria khusus penilaian untuk sub kategori e-learning sekolah meliputi: (1) proses pembelajaran, yaitu bagaimana guru merancang strategi kegiatan pengajaran, implementasi disain instruksional dalam e-Learning, dan interaksi siswa di dalamnya; (2) partisipasi siswa, jumlah peserta yang mengikuti, dan trend peningkatan pasrtisipasi peserta/siswa dari waktu ke waktu; (3) intensitas penggunaan yaitu seberapa tinggi tingkat awareness berbagai pihak yang terlibat di dalamnya. Identifikasi dapat dilakukan dengan meninjau aktivitas komunikasi yang dilakukan guru-siswa dan siswa-siswa serta tinjauan terhadap log (tracking) aktivitas pengguna secara umum; (3) kurikulum, yaitu kuantitas dan kualitas topik atau mata pelajaran yang dikemas dalam sistem e-learning; (4) pengalaman, yaitu sudah berapa lama keberlangsungan (sustainability) implementasi e-learning serta bebrabagi upaya yang dilakukan untuk melakukan peningkatan secara terus menerus; (5) efektifitas biaya, yaitu komparasi pembiayaan jika dibandingkan dengan strategi konvensional; (6) hasil, yaitu dampak yang diperoleh sekolah seperti peningkatan motivasi belajar, peningkatan hasil belajar, kemudahan guru dalam mengajar, fleksibiltas siswa dalam belajar dan lain-lain; dan (7) organisasi (tim pengelola), struktur organisasi, aktifitas, dukungan terhadap ketersediaan sistem dan terhadap guru serta siswa.
2 Telekolaborasi Online
Kriteria khusus penilaian untuk sub kategori telekolaborasi online dapat dilihat dari sisi: (1) jumlah peserta dan sebaran; (2) tema, baik jumlah, cakupan maupun kualitas tema/kasus yang menjadi bahasan untuk dipecahkan dalam telekolaborasi; (3) dinamika forum, seperti jumlah pesan yang ditanggapi, jumlah partisipasi peserta, dan sebaran variasi peserta lintas sekolah; (4) output/produk, dapat berupa ide baru tentang sebuah konsep, solusi tepat guna, atau produk jadi yang bermanfaat atau bersifat mendidik.
3 Blog Edukatif
Kriteria khusus penilaian untuk sub kategori blog edukatif meliputi: (1) konten yang bersifat mendidik, seperti masalah sosial, kesehatan, pendidikan, politik dan lain-lain dan tidak terbatas pada bahan ajar untuk pendidikan formal; (2) orisinalitas, memiliki nilai keaslian dari sisi ide, tujuan maupun isi dan merupakan karya sendiri, bukan hasil agregasi dari RSS feed atau hasil copy & paste dari situs atau blog lain; (3) tingkat partisipasi, seperti jumlah pengunjung, komentar, kontributor, posisi blog rank baik skala nasional maupun internasional; dan (4) aktualitas, memiliki nilai aktualitas dari sisi isi, pengunjung, maupun tampilan

Sumber : E-learning Award

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: