Obama Unggul 4 Kali Lipat

WASHINGTON – Barack Obama akan menang empat kali lipat suara John McCain, jika seluruh dunia memilih. Hasil tersebut terungkap dalam jajak pendapat Gallup Organization di 70 negara yang mewakili setengah populasi dunia.

Sebanyak 30 persen orang menyatakan akan memilih Obama sebagai Presiden AS, hanya 8 persen yang memilih McCain. “Warga negara di empat mitra AS di Asia-Australia, Jepang, Singapura, dan Korea Selatan (Korsel)-mendukung Obama. Dua pertiga warga Jepang dan Australia menyatakan memilih Obama, sedangkan yang memilih McCain hanya 15 persen,” ungkap hasil jajak pendapat Gallup yang dirilis, Kamis (23/10/2008) kemarin.

Sementara di Singapura dan Korsel, pemilih Obama dibandingkan McCain dua banding satu. “McCain dan Obama sama-sama menjanjikan penguatan kemitraan dengan empat negara maju Asia dan peningkatan peran aktif di organisasi regional Asia,” tulis Gallup. Sembilan dari 10 orang responden di India dan Pakistan serta 7 dari 10 orang di Bangladesh menyatakan tidak memiliki pendapat tentang siapa yang akan mereka pilih untuk duduk di Gedung Putih pada Januari tahun depan.

“Kekurang tertarikan warga Asia Selatan menunjukkan adanya kesenjangan yang sangat besar antara warga paling miskin di dunia dan politik AS,” ujar Gallup. Warga Amerika Latin menunjukkan keterputusan serupa. Sebanyak 68 persen warga di Amerika Tengah dan Meksiko serta 58 persen di Amerika Selatan tidak memiliki pendapat tentang pemilu AS.

Sementara warga Timur Tengah di Arab Saudi, Kuwait, Lebanon, dan Palestina lebih memilih Obama dibandingkan McCain, dengan komposisi dua banding satu. Meski demikian, tiga perempat responden asal Palestina menilai hasil pemilu AS tidak banyak mengubah kondisi negara mereka. Mayoritas warga Eropa di 14 negara menginginkan Obama menang. Warga Belanda dan Norwegia merupakan pendukung terkuat Obama di Eropa. “Sebanyak tiga perempat warga di kedua negara lebih memilih Obama,” papar Gallup.

Di Prancis, 64 persen memilih Obama dan hanya 4 persen yang mendukung McCain. Di Jerman, dukungan terhadap Senator Illinois itu mencapai 62 persen dan hanya 10 persen yang memilih McCain. Obama pernah berpidato di Berlin dan disaksikan lebih dari 200.000 orang pada Juli silam. “Di Afrika, rata-rata 56 persen responden memilih Obama dan hanya 9 persen yang memilih McCain,” ungkap Gallup dalam jajak pendapat yang melibatkan 1.000-2.000 responden di setiap negara melalui wawancara langsung.

Padahal di Benua Afrika, pemerintahan Presiden AS George W Bus mendapat dukungan tinggi karena pada Juli silam dia menyetujui kucuran dana untuk memerangi penyakit HIV/AIDS, malaria, tuberkulosis. Di Kenya, tempat asal ayah Obama, kandidat Demokrat itu didukung 9 dari 10 responden. McCain hanya mendapat dukungan 3 persen di Kenya. Sementara kemarin dalam kampanyenya, Obama menyerang McCain tentang Joe Tukang Pipa. “Mari kita perjelas siapa yang diperjuangkan John McCain. Dia tidak berjuang untuk Joe Tukang Pipa, dia berjuang untuk Joe Manajer Hedge Fund,” ungkap Obama di hadapan 12.000 orang pendukungnya di sebuah arena hoki Virginia. “John McCain suka berbicara tentang Joe Tukang Pipa, tapi dia bersekongkol dengan Joe CEO. Jangan bodoh, jangan biarkan mereka menipumu, jika Anda berpenghasilan kurang dari seperempat juta dolar per tahun, termasuk 98 persen pemilih usaha kecil, Anda tidak akan melihat pajak Anda naik sesen pun,” tandas calon Presiden AS pertama kulit hitam itu.

Sementara McCain menyebut-nyebut Joe Tukang Pipa selama kampanye di New Hampshire kemarin.”Sangat sering, lawan saya memberi kita sedikit pandangan tentang seperti apa kepemimpinan Obama di dunia nyata. Pekan lalu, kampanyenya secara nyata menunjukkan diri ke dunia nyata, terkait Joe Tukang Pipa,” ujar Senator Arizona yang menuduh Obama menerapkan kebijakan pendistribusian ulang pajak ala sosialis

sumber : http://international.okezone.com/ind…l-4-kali-lipat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: