All about Steak

SIRLOIN STEAK

Daging sapi khas luar. Asalnya dari bagian belakang sapi. Umumnya terlihat ada lemak di bagian pinggirnya. Teksturnya lebih keras dibanding bagian lain, harganya juga lebih murah. Namun, sirloin punya kelebihan dalam ukuran, yakni bisa dipotong lebih besar daripada bagian sapi lainnya yang lebih lembut.

TENDERLOIN STEAK

Disebut juga fillet mignon. Asalnya dari loin yang berada di depan sirloin dan dibelakang tulang rusuk. Otot pada bagian ini tidak bekerja keras sehinggatenderloin adalah bagian sapi paling lembut. Bentuknya memanjang seperti ular dan untuk steak biasanya dipotong secara diagonal, tanpa lemak. Spoiler for Tenderloin niih: RIBS STEAK (Tulang Rusuk) Berasal dari daging di sekitar tulang rusuk. Rib steak disajikan bersama tulang rusuk. Jika tulangnya tidak ikut dihidangkan, maka namanya menjadi rib eye steak (daging sapi lamusir) dengan lemak melintang dibagian tengah daging.

T-BONE STEAK (daging sapi lulur bertulang)

Sesuai namanya, bagian ini memiliki tulang berbentuk huruf T yang dikelilingi daging pada kedua sisinya. Sisi yang memiliki daging lebih sedikit adalah daging tenderloin dan sisi lainnya yang memiliki daging lebih banyak disebut striploin.

SHORTLOIN STEAK

Merupakan versi besar dari sirloin. Letaknya dari punggung sapi ke belakang, mendekati bagian buntut.

STRIPLOIN / TOPLOIN STEAK

Daging sapi yang membungkus bagian tenderloin. Lebih lembut daripada sirloin, tapi lebih keras dibanding tenderloin.

PORTERHOUSE STEAK

Sama saja dengan T-bone. Bedanya, porterhouse memiliki daging tenderloin lebih banyak daripada striploin. Spoiler for Porterhouse steak: Jadi sekarang klo liat menu2 Resto steak udah tau kan ini steak apa itu steak apa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: